Kuala Kapuas (FastNews) – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah telah menyiapkan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) pasien BPJS kesehatan untuk memberikan kemudahan.
Aplikasi yang dibuat oleh Tim IT RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas tersebut dipandu oleh petugas layanan SEP Jaminan Kesehatan dibagian pendaftaran pasien BPJS.
APM sudah mulai diterapkan sejak awal bulan Mei 2024, untuk sementara hanya bisa mendaftarkan pasien lama BPJS atau sudah pernah berobat di RSUD Kapuas.
Nenny Puji Lestari selaku Ketua Tim Pengendali Pelayanan JKN RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mesin tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran di Instalasi Rawat Jalan, dengan membuat inovasi terbaru, yaitu APM
“Namun, untuk pasien baru tetap harus mendaftar di loket pendaftaran dan akan dipandu oleh petugas untuk perekaman sidik jari,” katanya, Selasa (21/5/2024).
Sebelum mengoperasikan, pasien harus memastikan beberapa hal, antara lain pasien harus mengecek informasi mulai dari nomor rekam medis, nama, alamat, tanggal lahir, jenis kelamin, tujuan poliklinik dan nomor BPJS pasien, serta sudah terdaftar sidik jarinya.
Selain itu pendaftaran yang mudah juga bisa dilakukan pasien melalui aplikasi Mobile JKN di handphone android masing-masing sehingga tidak perlu melakukan antri pendaftaran ulang apabila ingin berobat ke rumah sakit.
Cara menggunakan APM cukup mudah, berikut alurnya pasien menyiapkan Surat Rujukan dari Puskesmas / FKTP dan Surat Rencana Kontrol yang sudah didapatkan dari Poliklinik di hari sebelumnya.
Pendaftaran dengan APM hanya bisa untuk pasien lama atau pasien yang sudah punya nomor rekam medik. Pasien memilih pasien lama atau pasien online (Untuk booking online dengan JKN Mobile).
Selanjutnya, memasukan nomor rujukan atau surat rencana kontrol setelah itu pasien bisa menekan tombol enter, selanjutnya akan muncul identitas pasien dan poliklinik yang dituju.
Jika pencocokan data sudah sesuai dengan identitas dan poliklinik yang dituju pasien maka bisa di klik data sesuai, lanjutkan.
Tahap selanjutnya, melakukan tanda tangan terlebih dahulu, jika tanda tangan sudah selesai maka dilanjutkan konfirmasi akhir data pendaftaran. Tahap terakhir jika pendaftaran berhasil maka dilanjutkan untuk mencetak print tiket dan Print SEP (Surat Egibilitas Pasien). (RZ)