Disarpustaka Kapuas Layani Masyarakat Pesisir Perkuat Literasi

Disarpustaka Kapuas Layani Masyarakat Pesisir Perkuat Literasi
Ket Foto : Disarpustaka Kapuas saat kunjungi pondok baca yang di siapkan Ditpolairud Polda Kalteng di wilayah Kecamatan Kapuas Murung, belum lama ini. FN-Disarpustaka Kapuas.

Kuala Kapuas (FastNews) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas telah melakukan kerjasama dengan Ditpolairud Polda Kalimantan Tengah yang berada di Desa Palangkau Lama dan Palangkau Baru, Kecamatan Kapuas Murung, dalam rangka upaya penguatan Literasi.

“Kerjasama ini bertujuan untuk melayani masyarakat pesisir,” kata Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas, Senin.

Ini juga, lanjutnya, dalam upaya penguatan Literasi dan kehadiran perpustakaan yang melayani hingga ke daerah terpencil sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat, bisa dimanfaatkan masyarakat dalam mengembangkan potensi diri.

Terkait dengan kerjasama itu, ia menyampaikan bahwa Plt Kabid Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan dan Pustakawan serta beberapa orang staf beberapa waktu lalu juga telah mengunjungi Pondok Baca Melek Huruf Ditpolairud Polda Kalteng yang berada di Pos Polairud Palangkau Lama dan Palangkau Baru.

Hal itu juga sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama yang telah disepakati beberapa waktu lalu.

“Kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk melihat perkembangan dalam pengelolaan perpustakaan,” katanya.

Sekaligus, sambungnya, melakukan pergantian bahan pustaka yang baru untuk perpustakaan pondok baca melek huruf milik Polairud Polda Kalteng yang berada di Desa Palangkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung sebanyak 150 eksemplar.

“Perpustakaan memiliki peran┬ápenting dalam membangun budaya literasi masyarakat, karena salah satu fungsi perpustakaan yaitu pusat sumber informasi dan pusat sosial budaya untuk memberdayakan masyarakat,” terangnya.

Ditambahkannya, literasi yang kuat dan mampu mendorong manusia pada kegiatan produktif yang memberi manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan. (Red)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *