Dirjen PDP Kemendes PDTT RI tinjau Desa Minapolitan di Kapuas

Dirjen PDP Kemendes PDTT RI tinjau Desa Minapolitan di Kapuas
Ket Foto : Dirjen PDP Kemendes PDTT RI, Sugito saat memancing ikan patin di lokasi budidaya perikanan patin dan pengolahan pakan di Desa Basarang, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Selasa (28/5/2024). FN-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (FastNews) – Dirjen PDP Kemendes PDTT RI, Sugito berserta tim melakukan kunjungan ke lokasi budidaya perikanan patin dan pengolahan pakan di Desa Basarang, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

“Kami berharap apa yang kita lihat bersama-sama pengelolaan Desa Minapolitan di Desa Basarang ini untuk terus bisa dikembangkan, karena salah satu 40 persennya disuplai untuk kebutuhan di Kabupaten Kapuas,” kata Sugito, di Kuala Kapuas, Rabu (29/5/2024).

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa setiap desa mempunyai potensi masing-masing dan persoalannya adalah bagaimana cara kita menggali serta menggembangkan kawasan tersebut.

Turut hadir mendampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Kapuas, Camat Basarang Eko Darma Putra, Kepala Desa Basarang, Kapolsek, Dandaramil, Kelompok Minapolitan dan anggota serta Masyarakat Desa Basarang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan mengatakan, bahwa Pemkab Kapuas khususnya Kecamatan Basarang mendapatkan sebuah kehormatan karena dikunjungi oleh Dirjen PDP Kemendes PDTT RI untuk melihat secara langsung potensi yang berkembang di masyarakat kabupaten setempat.

Untuk Desa Basarang sendiri, lanjutnya, merupakan kawasan perdesaan berbasis minapolitan, dengan adanya kawasan tersebut telah terciptanya sinergi pembangunan dari Dinas Pertanian, Dinas Perikanan kemudian dari DPMD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang terlibat.

Pihaknya juga akan tetap berkerja sama dan bersenergi dengan perangkat dearah yang lain di Kabupaten Kapuas untuk terus mengembangkan kawasan perdesaan tersebut agar bisa maksimal nantinya.

“Kami berharap dari Pemerintah Pusat melelalui Kementrian Desa bisa melihat sebagai bagian penting dari upaya bersama untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di desa,” demikian Budi Kurniawan.(Red)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *