Pemkab Kapuas Gelar Forum Konsultasi Publik

Pemkab Kapuas Gelar Forum Konsultasi Publik
Ket Foto : Asisten II Setda Kapuas Vitrianson, membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas, di Aula Disdukcapil, Kamis (6/6/2024).FN-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (FastNews) – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, menggelar Forum Konsultasi Publik, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Kamis (6/6/2024).

”Kegiatan forum konsultasi ini  bertujuan agar  penyelenggaraan publik dan pengguna layanan memperoleh satu pemahaman yang sama dan rencana solusi atas permasalahan yang ada, “ kata Asisten II Setda Kapuas Vitrianson, dalam sambutannya.

Kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan  akan menjadi kebijakan yang meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, selanjutnya menyelarasakan kemampuan layanan dan meminimalisir dampak kebijakan yang merugikan.

Forum konsultasi publik pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas diperlukan peran serta penyelenggaraan pelayanan publik dan masyarakat selaku pengguna dan penerima pelayanan.

Hal ini, sambungnya, sebagai upaya untuk membuat sistem  penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparasi dan dapat diwujudkan bentuk kerjasama dalam pembahasan dan pengawasan.

“Hal ini perlu adanya koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan elemen masyarakat sebagai pengguna layanan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas Jaya, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan evaluasi terhadap standar pelayanan yang sudah ada dan ini sebenarnya setiap tahun bisa dilakukan oleh OPD yang memberikan pelayanan publik atau pelayanan  langsung kepada masyarakat, agar di satu sisi diharapkan masyarakat lebih dimudahkan dan juga lebih cepat dalam hal pelayanan.

“Kedepan kami sudah sampaikan kepada pimpinan bahwa kami akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mudah-mudahan di tahun 2025 kita akan mendekatkan pelayanan di tingkat kecamatan agar masyarakat lebih mudah dan cepat,” demikian Jaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Kapuas, Perwakilan dari Akademisi, Direktur CV. Kalifa, Perwakilan dari PW Kapuas, Perwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat, beserta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.(Red)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *