Berpredikat Paripurna, RSUD Kapuas Semakin Prima

Berpredikat Paripurna, RSUD Kapuas Semakin Prima
Ket Foto: RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo, yang berada di Jl Tambun Bungai Kota Kuala Kapuas.

Terus Tingkatkan Pelayanan dan Perkuat SDM

Kuala Kapuas (FastNews) – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah merupakan satu-satunya rumah sakit daerah yang berada di ibukota Kabupaten Kapuas.

Berlokasi di pusat Kota Kuala Kapuas, tepatnya di Jalan Tambun Bungai nomor 16, Kecamatan Selat, rumah sakit ini menjadi andalan dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Di bawah pimpinan dr Agus Waluyo, MM selaku Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, jajaran rumah sakit milik pemerintah daerah ini terus berbenah, terutama dalam menjaga mutu dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya dibuktikan dengan berhasilnya menjalani Penilaian Survey Akreditasi Rumah Sakit oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit), yang mana hasilnya pada tanggal 2 Maret 2023 lalu, RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memperoleh hasil penilaian akreditasi rumah sakit dengan hasil yang terbaik yaitu tingkat Paripurna.

Capaian ini merupakan hasil yang cukup signifikan setelah setiap tiga tahun berproses menjalani penilaian, mulai dari mencapai tingkat dasar, tingkat madya dan sekarang sudah berada di tingkat yang tertinggi yaitu paripurna.

“Semoga pencapaian ini dapat selalu dipertahankan dan terus ditingkatkan, sehingga berkelanjutan untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat di Kabupaten Kapuas, khususnya bagi kualitas layanan kesehatan di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang semakin maju,” kata dr Agus Waluyo kala itu.

Sesuai dengan Visi dari RSUD Kapuas, yaitu Terwujudnya Pelayanan Kesehatan Prima RSUD Yang Maju Dan Mandiri”

Dengan Misinya :

1. Peningkatan Kinerja Pelayanan RSUD Yang Berbasis Pada Keunggulan Sumber Daya Manusia, Kecukupan Alat dan Profesionalisme Manajemen Pelayanan Untuk Pelayanan Yang Mudah, Murah, dan Berkualitas.

2. Menjadikan RSUD Sebagai Wadah Pendidikan Dan Pelatihan Untuk Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan Yang Prima.

TINGKATKAN INOVASI DAN PELAYANAN MEDIS

Tak hanya itu, RSUD dr H Soemarno Sosroamodjo Kuala Kapuas juga terus meningkatkan inovasi dan kemajuan pelayanan medis di Kabupaten Kapuas.

Ditunjukkan dengan sudah bisanya melaksanakan operasi bedah perdana penggunaan alat laparoskopi yang dilaksanakan pada Selasa (21/5/2024) lalu, bertempat di Ruang Bedah OK Sentral RSUD setempat.

Pelayanan bedah ini dilaksanakan oleh dr Hendy Buana Vijaya, SpB, dibantu oleh dr Rintho A Tangkudung, SpB dan dr Asna Nasiqah, SpAn serta Tim Bedah dan Anestesi OK Sentral, melaksanakan operasi perdana laparoskopi berupa pengangkatan batu kantong empedu (kolesistektomi) di ruang OK Sentral.

Dokter Rintho A Tangkudung, SpB selaku Kepala KSM Bedah RSUD Kapuas kala itu menjelaskan bahwa, laparoskopi adalah metode bedah yang terbilang ringan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi organ-organ tubuh di bagian perut melalui sayatan kecil dan tipis.

Melalui bantuan alat berupa tabung tipis yang kemudian dimasukkan ke dalam sayatan tadi, dokter akan mampu menemukan kelainan pada tubuh, seperti fibroid, kista, dan lainnya.

“Di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sudah bisa melaksanakan operasi menggunakan alat laparoskopi, untuk sementara ini operasi yang bisa dilakukan antara lain pengangkatan batu kantung empedu dan apendiksitis atau usus buntu (Apendiktomi). Nantinya ke depan akan dikembangkan ke tindakan operasi lainnya seperti hernia, dan sebagainya,” ujarnya.

Semoga, lanjut dia dengan adanya pelayanan tindakan laparoskopi ini mampu meningkatkan ragam inovasi pelayanan medis di RSUD Kapuas, dan tentunya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas sehingga tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap peralatannya.

TERUS MEMPERMUDAH PELAYANAN

Manajemen RSUD Kapuas juga terus mempermudah pelayanan kepada masyarakat, salah satunya kini berinovasi dengan menyiapkan mesin anjungan pendaftaran mandiri RSUD Kapuas untuk mencoba mengatasi penumpukan pendaftaran pasien BPJS.

RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sendiri, diketahui merupakan fasilitas kesehatan lanjutan yang memberikan berbagai produk layanan kesehatan. Rumah Sakit ini menerima rujukan pasien BPJS atau asuransi lainnya, yang tidak dapat ditangani oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti klinik atau puskesmas.

Nenny Puji Lestari selaku Ketua Tim Pengendali Pelayanan JKN RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menjelaskan, adanya program pemerintah seperti BPJS ini menjadikan pasien yang ada di rumah sakit bertambah dengan pesat.

Akibatnya banyak pasien yang datang pagi untuk mengambil nomor antrian, berharap mendapatkan nomor urutan kecil sehingga segera dipanggil oleh petugas loket dan mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan di poliklinik.

Memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran di Instalasi Rawat Jalan, RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas membuat inovasi terbaru yaitu dengan membuat Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) Aplikasi yang dibuat oleh Tim IT RSUD tersebut dipandu oleh petugas layanan SEP Jaminan Kesehatan dibagian pendaftaran pasien BPJS.

Anjungan Pendaftaran Mandiri sudah mulai diterapkan sejak awal bulan Mei 2024, untuk sementara hanya bisa mendaftarkan pasien lama BPJS atau sudah pernah berobat di RSUD Kapuas. Sedangkan, pasien baru tetap harus mendaftar di loket pendaftaran SEP dan akan dipandu oleh petugas untuk perekaman sidik jari.

Tersedianya mesin ini untuk mengurangi banyaknya antrian di loket pendaftaran rawat jalan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, serta mempercepat pengelolaan data secara elektronik.

“Dengan adanya anjungan pendaftaran mandiri ini diharapkan tercapainya efektifitas dan efisiensi pendaftaran rawat jalan dalam meminimalisir penggunaan kertas / paperless, serta memudahkan pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan rawat jalan yang prima di RSUD Kapuas,” jelas Nenny.

SDM TERUS DIPERKUAT

Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) wilayah tugasnya masing-masing, dan seiring dengan kemajuan zaman digitalisasi pada saat ini.

Maka jajaran Direksi manajemen RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas juga telah mengirimkan langsung para Kabag, Kabid, Kasubbag, Kasi, beserta staf karyawannya dan Dewan Pengawas yang berkaitan dengan pegelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk mengikuti pelatihan praktek E-BLUD Penatausahaan Keuangan dengan menggunakan Aplikasi E-BLUD.

Kegiatan tersebut untuk menambah wawasan dan ilmu dalam bidang keuangan melalui Aplikasi Online bersamaan dengan pemaparan tupoksi Dewan Pengawas.

Momen pelatihan itu berlangsung selama tiga hari mulai 19 hingga 21 Juni 2024 lalu, di Jakarta dengan mengambil tempat di Hotel Luminor Pecenongan Jakarta Pusat.

Dokter Agus Waluyo mengatakan untuk meningkatkan SDM ASN yang ada dalam naungan RSUD Kapuas wajib mengimbangi kecanggihan teknologi modern di era industri 5.0 saat ini.

Dikarenakan, pentingnya SDM semua ASN bekerja di UPT Pemberi Pelayanan Kesehatan haruslah dibarengi skill yang mumpuni agar mampu bersaing dengan pesatnya teknologi digital sekarang ini.

Pihaknya sangat bersyukur dengan adanya momen pelatihan praktek E-BLUD penatausahaan dan sekaligus pemaparan dan penjelasan tugas dan fungsi jabatan Dewan Pengawas (Dewas) tersebut.

“Diharapkan usai mengikuti Bimtek pelatihan E-BLUD ini, terutama bagi Pejabat yang Baru dan PPTK, serta Pegawai dan Stafnya bisa menerapkan semua ilmu yang didapati melalui pelatihan tersebut. Apa lagi penerapannya dibaluti, dengan berbagai terobosan dan inovasi untuk kemajuan Rsud Kapuas,” akhir kata beliau. (Adv/ Tim Liputan FastNews)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *